About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Lokadesa Serahkan Bantuan Alat Pencacah Rumput dan Tong Silase kepada KTT Rejo Mulyo

Lokadesa Serahkan Bantuan Alat Pencacah Rumput dan Tong Silase kepada KTT Rejo Mulyo.

 

Lokadesa menyerahkan bantuan alat pencacah rumput dan tong silase kepada KTT Rejo Mulyo. Penyerahan kali ini dihadiri oleh anggota KTT Rejo Mulyo. Bantuan kali ini adalah rangkaian rencana program pakan ternak jangka panjang.

Silase adalah merupakan pakan hijauan ternak yang diawetkan yang disimpan dalam kantong plastik yang kedap udara atau silo, drum, dan sudah terjadi proses fermentasi dalam keadaan tanpa udara atau anaerob.

Cara Membuat Silase

Proses silase ini dilakukan dengan melibatkan bakteri-bakteri atau mikroba yang membentuk asam susu, yaitu Lactis Acidi dan streptococcus yang hidup secara anerob dengan derajat keasaman 4(pH 4).

“Nantinya rumput dilayukan terlebih dahulu, setelah berkurang kadar airnya rumput akan dicacah menggunakan mesin, kemudian dimasukkan dan dipadatkan dalam tong sampai penuh kemudian ditutup rapat. Rumput yang ada dalam tong akan tahan lama dan menjadi alternatif saat musim kemarau melanda,” tutur Supriyono, ketua KTT Rejo Mulyo.

Para petani di Desa Kalimaro, Grobogan, memang sengaja membuat silase untuk persediaan pangan ternak di musim kemarau nanti. Sehingga bantuan mesin pencacah ini sangat berarti bagi mereka.

Kedepannya pakan silase ini tidak hanya diberikan kepada kambing para anggota saja, namun juga bisa dijual.

“Saya melihat potensi ini bisa kita ambil mengingat para peternak di kecamatan kami yang harus mencari rumput sampai lintas kecamatan, saat kemarau datang. Harapannya pakan silase bisa jadi turunan produk dari KTT yang dibina oleh Lokadesa ini,” tutur Lilik Tanti, Fasilitator Desa Kalimaro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*