About Us

About Us
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Contact Info

684 West College St. Sun City, United States America, 064781.

(+55) 654 - 545 - 1235

info@corpkit.com

Jenis-Jenis Pupuk Organik

Bantuan Pupuk Pertanian Lokadesa

Jenis-Jenis Pupuk Organik

Pupuk organik adalah jenis pupuk yang berasal dari bahan-bahan organik yang diurai oleh mikroorganisme menjadi nutrisi bagi tanaman.

Pupuk organik sangat penting dalam menjaga kesehatan tanah dan meningkatkan kesuburan tanah. Selain itu, penggunaan pupuk organik juga lebih ramah lingkungan dan tidak merusak tanah seperti pupuk kimia. Namun, penggunaan pupuk organik juga memerlukan perhatian dan waktu yang cukup, karena proses pembuatannya memerlukan waktu dan pengaturan yang tepat.

Berikut adalah beberapa jenis pupuk organik yang umum digunakan:

 

Kompos

Kompos adalah pupuk organik yang terbuat dari bahan organik yang diuraikan oleh mikroorganisme. Bahan organik yang digunakan untuk membuat kompos bisa berupa sisa-sisa tanaman, dedaunan, dan bahan organik lainnya. Proses pembuatan kompos memerlukan waktu dan perhatian yang cukup, tetapi hasilnya bisa menjadi pupuk organik yang sangat baik untuk tanaman.

 

Pupuk Kandang

Pupuk kandang adalah pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan. Kotoran hewan mengandung banyak nutrisi, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium, yang dapat diserap oleh tanaman. Pupuk kandang umumnya terdiri dari kotoran sapi, kambing, domba, dan unggas.

 

Pupuk Hijau

Pupuk hijau adalah pupuk organik yang terbuat dari tanaman yang ditanam khusus untuk tujuan pupuk. Tanaman yang biasa digunakan sebagai pupuk hijau antara lain kacang hijau, kacang tanah, dan kedelai. Tanaman ini ditanam selama beberapa bulan, kemudian ditanam bersama tanaman lain atau dikuburkan di dalam tanah sebagai pupuk organik.

 

Pupuk Organik Cair

Pupuk organik cair adalah pupuk yang terbuat dari bahan organik yang dicampur dengan air. Bahan organik yang digunakan bisa berupa sisa-sisa tanaman, kotoran hewan, atau limbah organik lainnya. Pupuk organik cair umumnya diberikan dengan cara disiramkan langsung ke tanaman atau disemprotkan ke daun tanaman.

 

Vermikompos

Vermikompos adalah pupuk organik yang terbuat dari kotoran cacing. Kotoran cacing mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tanaman, seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Proses pembuatan vermikompos melibatkan cacing tanah, yang memakan bahan organik dan menghasilkan kotoran yang kaya nutrisi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*